6 Juli 2011

Dasar Belajar baca not balok

Garis Paranada

Garis paranada terdiri dari lima garis sejajar yang jarak atau panjangnya sama dan empat spasi. Sangkar nada digunakan untuk meletakan not dan tanda diam, baik di garis maupun di spasi. Garis dalam paranada dihitung dari bawah ke atas. Jadi, nomor urut kecil dari bawah (perhatikan gambar).

Cara menuliskan not balok pada garis paranada adalah sebagai berikut:

  • pada garis

  • pada spasi

  • pada garis bantu


penulisan not dan tanda istirahat:


Tanda Kunci

Kunci merupakan tanda yang digunakan dalam penulisan lagu pada garis paranada atau not balok untuk mengetahui letak nada. Kunci menunjukkan letak nada. Misalnya kunci G menunjukkan letak nada G. Ada tiga macam kunci yang biasa digunakan dalam musik, yaitu: kunci G, kunci F dan kunci C.

  • kunci G

Kunci G adalah kunci yang bentuknya seperti kepala biola. Kunci G disebut juga kunci biola karena kunci G digunakan untuk menuliskan nada-nada tinggi. Kunci G digunakan untuk menunjukkan letak nada G pada garis kedua. Letak nada di garis paranada dengan kunci G:

  • kunci F

Kunci F adalah kunci yang biasa digunakan untuk menuliskan nada-nada rendah, maka kunci F disebut juga kunci Bass. Letak kunci F pada garis paranada ada di garis keempat, maka menunjukkan nada F di garis keempat. Letak nada di garis paranada dengan kunci F:


  • kunci C

Kunci C adalah kunci yang menunjukkan letak nada C, digunakan untuk menuliskan nada sedang (misal pada biola alto). Letak nada di garis paranada dengan menggunakan kunci C:


nama dan simbol tanda kunci:

penggabungan dari kunci G dan kunci F dinamakan dengan Grand Staff (biasa dihunakan untuk penulisan notasi pada alat musik piano)

(…lanjut ke part.4 ……….

cara baca not balok



Not adalah simbol dalam musik untuk suara dengan pitch tertentu. Not-not ini bila dirangkai dapat membentuk sebuah lagu. Biasanya untuk menuliskan sebuah lagu, digunakan dua macam cara penulisan not yaitu dengan menggunakan not balok (bulatan-bulatan yang tersusun dalam garis paranada) dan not angka (dengan menggunakan angka).

Yang akan dibahas di sini adalah cara membaca not balok. Pertama kali yang perlu diperhatikan dalam membaca not adalah kuncinya (clef). Kunci terletak di paling kiri garis paranada. Ada tiga macam kunci yaitu kunci G, kunci F, dan kunci C.

(dari kiri ke kanan: kunci G, kunci F, kunci C alto, dan kunci C tenor)


Kunci yang paling sering digunakan adalah kunci G dan kunci F. Pada kunci G, letak nada G adalah garis paranada yang dilewati lengkungan spiral kunci G. Sedangkan pada kunci F, letak nada F adalah garis paranada yang berada di antara dua titik kunci F.

Selanjutnya setiap naik 1 (memotong garis, kemudian di antara garis, dst), nada akan bertambah tinggi 1. Urutan nadanya adalah sebagai berikut:

C-D-E-F-G-A-B-C’ (terus berulang)

Bila sudah tidak ada garis lagi di bawah atau di atas, dibuatlah garis bantu. Contoh:

Di depan setiap not, terkadang ditambahkan simbol ? (flat/mol) dan ? (sharp/kres). ? akan menurunkan nada di sebelah kanannya sebanyak 1/2 nada. Sedangkan ? akan menaikkan nada di sebelah kanannya sebanyak 1/2 nada. Untuk mengembalikan nada yang telah turun/ naik dapat ditambahkan simbol ? (natural).

Jika sebuah nada diturunkan setengah, misalnya A, di sebelah kanan A akan ditambahkan simbol ?. Sehingga namanya berubah dari A menjadi A? yang dibaca As. Sebaliknya jika nada dinaikkan setengah, misalnya C, di sebelah kanan C akan ditambahkan simbol ? menjadi C? yang dibaca Cis.

Berikut urutan nada beserta kromatiknya (dari nada paling rendah-tinggi):
C – C? (Cis)/ D? (Des) – D – D? (Dis)/ E? (Es) – E – F – F? (Fis)/ G? (Ges) – G – G? (Gis)/ A? (As) – A – A? (Ais)/ B? (Bes) -B

Bila diamati, di antara C-D, D-E, F-G, dan G-A nadanya ada dua buah yang dibatasi tanda “/”. Nada-nada tersebut adalah nada enharmonis. Maksudnya adalah nada tersebut mempunyai nama yang berbeda tetapi berbunyi sama.

take from : studio roket music

3 Juli 2011

Tips Dasar Belajar Gitar dan Bass Bagi Pemula

Mempunyai hobi musik tidak lengkap rasanya kalau belum bisa memainkan alat musik seperti gitar yang terkenal yang dapat dijadikan teman pengiring semua jenis lagu yang ada di seluruh dunia Huehehee…..

Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya. Untuk belajar bass sebaiknya belajar gitar terlebih dahulu, karena orang yang dapat bermain gitar otomatis bisa bermain bass, namun jika loe bisa bermain bass belum tentu bisa bermain gitar.


Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda dengan gitar, sehingga ada baiknya jika loe belajar kunci dasar gitar terlebih dulu. Selain itu loe bisa menghemat uang, karena tidak perlu membeli bass, (Halah…maksudnya)



Jika ingin bermain gitar loe, harus siap merasa sakit pada ujung jari kiri loe, karena jari tersebut digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari loe menjadi kapalan baik jari di tangan kiri maupun kanan. Bukankah untuk mendapatkan sesuatu loe memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.


Jika loe berencana untuk kursus, sebaiknya loe jangan ikut kursus sebelum menguasai tehnik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan “chord wipe” pada gitar.


Jika loe belum menguasai hal itu loe hanya akan memperlama masa kursus dan tetunya akan menghabiskan uang. Untuk menghemat biaya loe bisa belajar pada teman, saudara atau yang loe kenal baik dan bisa bermain gitar. Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka loe harus belajar otodidak alias belajar sendiri.



Nah, berikut tips yang diperlukan untuk belajar gitar dasar sendirian :


- Gitar apa saja boleh kopong dan boleh listrik.

- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar.

- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu.

- Kemampuan stem atau menyetem gitar Untuk memulai latihan loe harus menyetem gitar terlebih dahulu agar suara 6 senar gitar bisa harmonis dan tepat. Jika tidak distem maka loe tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas.



Untuk stem gitar mungkin bisa minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting, dengan mencari buku panduan bermain gitar di toko buku. Jika loe ingin mencoba stem gitar sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang harus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah.


Loe harus menggunakan feeling, apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika tidak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas. Jika sudah OK, maka selanjutnya loe tinggal mencoba genjreng pada kunci standar sampai jari-jari loe terbiasa dengan posisi masing-masing kunci.

Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan feeling loe. Jika sudah bisa, maka loe bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya.


Namun syaratnya adalah steman pada gitar loe haruslah sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah, Jika loe sudah agak lancar…Nah, baru deh melanjutkan ke kursus atau belajar hal-hal lainnya dari buku maupun kenalan loe.


Selamat belajar & mencoba. [aa/lorongku.blogsome.com]

mengenal details guitar bass

yaY! bassist fighter!! Mari kita berbagi ilmu tentang cara bermain bass!! Tapi nggak pas nih kalo main bass tapi nggak ngerti uneg-uneg-nya bass... Ok, mari kita lihat sama-sama :



Disimak dulu yaY!

Saya mulai dari:

  • Headstock! headstock itu adalah bagian kepala bass tempat tuning keys berkumpul. Headstock punya pengaruh yang cukup loh buat sustain dari Bass... Kenapa?? Nah itu, Kalo headstock padat, maka getaran yang nantinya keluar nggak akan diredam dengan mudah


  • Tuning keys! tuning keys berfungsi sebagai kunci pengatur tegangan pada senar

  • String guide! berfungsi sebagai pengarah senar 1 dan 2 (Bawah)

  • String posts! berfungsi sebagai tempat tergulungnya senar

  • Truss rod tightening nut! berfungsi mengatur tingkat bengkok dari neck

  • Nut! yaitu pemutar yang ada pada Truss rod.

  • Fingerboard! yaitu daerah fingering / penjarian pada bass


  • Neck! yaitu leher pada bass

  • Frets! yaitu sekat-sekat pada fingerboard yang menentukan nada

  • Strap post! yaitu tempat dimana kamu nantinya akan memasang strap kamu

  • Body! yaitu badan dari bass itu sendiri

  • Pick up! yaitu elektronik suara yang berfungsi menangkap getaran dari senar

  • Bridge saddles! yaitu bagian dari bridge yang naik ke atas, pada beberapa bass bisa diatur tingginya


  • Bridge! yaitu bagian yang menahan senar di sisi yang berlawanan dari headstock

  • Pickguard! yaitu pelindung body bass

  • Volume/tone control! yaitu pengatur suara dan penyeimbangnya

  • Output jack! yaitu tempat dimana kabel akan dipasang (hanya bass pasif saja)
copy paste from :
http://bass-cabik-cabik.blogspot.com/2010/11/getting-start-with-your-bass.html

SEJARAH BASS



Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik senar yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).


bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar electric biasa, hal ini dikarenakan senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi takanan pada "neck" (leher gitar.

selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.

ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan ciello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), electric bass (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta "fretless" bass yang sama dengan electric bass tapi tidak ada fret(kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja fretless bass mirip dengan contra/ciello bass hanya saja berbentuk gitar electric.

Senar dan tuning

* Empat senar

Biasanya di-tune "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"

* Lima senar

Biasanya di-tune "G-D-A-E-B" tapi terkadang "C-G-D-A-E".

* Enam senar

Biasanya di-tune "C-G-D-A-E-B" atau "B-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.

Tuning di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), dimana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).

Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar ataupun enam senar dikarenakan lebih luasnya range nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dipungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya range nada yang bisa dimainkannya.

-Bass Modern-

Bass modern merupakan turunan langsung dari double bass, yang mana telah ada pada abad ke-17. Bagaimanapun designnya tetap sama sampai ke abad 20 yang merubah design bass menjadi lebih simpel dan praktis.

Di tahun 1920an, lloyd Loar, yang berkerja untuk gibson, mendesign double bass elektrik pertama. Bass ini menggunakan pickup electro-static, tapi amply untuk frekuensi bass belum dikembangkan. Jadi pada saat itu blum ada cara untuk mendengarkan instrument double bass tersebut.

Diawal tahun 1930an, paul tutmarc menjadi yang orang pertama yang memperbaiki ukuran double bass menjadi lebih praktis. Ukuran yang pertama dibuat hanya sebesar cello, dan mengunakan pickup rudimentary, namun hasilnya memiliki berat yang berlebihan, dan akhirnya diperbaiki bentuknya lebih menyerupai gitar.

Bass baru yang diciptakan ini memiliki panjang 42″, solid body, menggunakan kayu walnut hitam dan senar piano yang tetap dilengkapi dengan pickup.

Dan pertengahan tahun 30an, beberapa pengembang instrument musik - Lyon & Healy, Gibson and Rickenbacker, - memulai memasarkan eksperimental elektrik bass yang sama dengan prototype basss Tutmarc, yang lebih sedikit besar dibandingkan dengan double bass yang standard. Bagaimanaupun, bas itu tetap tinggi, tidak ,memiliki fret, dan di mainkan secara vertikal atau berdiri.

Sekitar tahun 1940, Paul Tutmarc jr memulai memproduksi gitar dan bass, termasuk bass Serenader. Produksi ini di distribusikan oleh L.D. Heater Music Co., di portland, Oregon, dan menjadi distributor terbesar untuk elektrik bass. Sang Genius itu menamainya dengan bass gitar - insturumen yang memilik fret dan di mainkan secara horizontal. Fitur utama dari produk tersebut adalah :

* Pickup - di design karena double bass sering tertutup dengen brass section dari sebuah band jazz.
* ukurannya - pemain double bass harus bisa berpergian sendiri, karena ukurannya yang besar, sering sekali ketinggalan di setiap perjalannya. Dengan design yang baru, pemain bass bisa berpergian dan beristirahat dengan bandnya.

Ada sedikit perubahan progres sampai Leo Fender menciptakan precision bass di tahun 1951. Penamaan Precision Bass dikarenakan fret yang ada di bass mengikuti note yang di mainkan secara presisi. Elektrik bass yang di produksi Leo fender ini, banyak yang memproduksi bentuk ini. Pada tahun 1957, bentuk pickupnya di rubah menjadi split pickup, dan pickguard dan headstocknya juga di redesign.

1960 Fender mendesign dan menciptakan Jazz bass, dengan 2 pickup yang sama ukurannya. Popularitas bass Fender kemudian diikuti oleh Gibson, Rickenbacker, dan Hohner. Hal ini yang semakin membuat popularitas bass elektrik meluas sampai sekarang.

Tahun 1959, Danelectro menciptakan pertamakali bass 6 senar, dengan tunse E A D G B E, dan Gibson dan Fender menggunakan ide ini untuk membuat Gibson EB-6 di tahun 1960, dan Fender VI di tahun 1962. Fender juga membuat bass 5 senar pertama dengan sebutan Fender V.

Tahun 1965, bass fretless Aubi dari Ampeg diciptakan dan di tahun 1968 8 string bass di perkenalkan oleh Hagstroem. Bass freetless 6 string (yang akhirnya dimiliki Les Claypool) di buat oleh Carl Thompson tahun 1978. Karena gaya permainan seperti slap dan pop, jumlah senar dan kombinasi kayu, neck dan lainnya pickup semakin menjadi bervariasi. EMG pickup yang menjadi pickup terlebar yang di gunakan di bass tersebut.

Pertama kali bass elektrik di populerkan oleh John Entwistle dan James Jamerson di tahun 60an, Jaco Pastorius dan Stanley Clarke di tahun 70an dan Marcus Miller dan Cliff Burton di tahun 80an. Di akhir 80an terlihat perbedaan dalam popularitas bass, sebagai fashion digunakan untuk electornic synthesised dance music. Bagaimanapun bass yang loe miliki sekarang merupakan perkembangan jauh dari double bass.

Sekarang, adalah Claypool (Primus) ,Victor Wooten, Flea (RHCP) yang menunjukan bagaimana pentingnya sebuah bass dalam musik modern. Gimana, sudah tau kan asal mula alat musik ini?

copy paste from :
http://fikriaulia03.blogspot.com/2010/11/sejarah-bass.html

GITAR BASS




Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik

tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan
biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).


Tambahan:

Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik
biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan
nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan
keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).

Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.

Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass

(yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa
digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

  • Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B",
"D-A-D-B (biasanya pola ini dpakai untuk musik-musik underground/ open
D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"
  • Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".
  • Enam senar
Biasanya ditalakan ke "A-B-C-D-E-F" atau "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2,
dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass
(senar yang paling tipis).

Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam
senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.
Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass
bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh
pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran
rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan
nada yang bisa dimainkannya.

copy paste from :
http://linklunkwhae.blogspot.com/2011/01/gitar-bass-listrik-biasa-disebut-bass_24.html

2 Juli 2011

kumpulan pepatah dan motivasi hidup

  • Jangan terlalu lama diam dipersimpangan jalan, karena hal ini akan berakibat tertabrak orang atau membuat orang lain terhambat, segera tentukan sikap, mau sen ke kiri atau sen ke kanan atau mau jalan terus
  • Jangan salahkan nyamuk kalau menggigit kita, karena itu sudah pekerjaannya. pakailah selimut yang benar, kalau masih maksa ultimatum, silahkan ambil setetes darahku dengan resiko nyawamu melayang
  • Kalau terjadi kebakaran padamkan dulu apinya, baru mendiskusikan penyebab terjadinyakebakaran, untuk diambil pelajaran agar tidak terjadi peristiwa yang sama
  • Hidup ini bagaikan roda berputar kadang di atas dan kadang di bawah, sedang di atas banyak bersyukur dan di bawah banyak bertawakal
  • Hari ini adalah produk kemarin, besok sangat ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini
  • Hidup ini adalah permainan dan senda gurou, barang siapa yang bisa bermain itulah yang akan meraih kesuksesan dalam kehidupan
  • Dengan Ilmu hidup jadi mudah, dengan seni hidup jadi indah, dengan Agama hidup jadi terarah
  • Orang baik bukan orang yang tidak pernah salah, benar terus bukan manusia, juga salah terus bukan manusia
  • Solatlah sebelum di solatkan ( bagi Umat Muslim )
  • Orang diam bukan berarti orang tersebut tidak punya sikap, karena diamnya itu sendiri sudah merupakan sikap
  • Naskah yang paling baik akan keluar dari orang yang paling buruk pengalamannya
  • Kemarin adalah nostalgia besok adalah impian, kehidupan yang sebenarnya adalah hari ini
  • Penyakit rabun ayam adalah penyakit yang tidak bisa melihat jauh ke depan
  • Kusutnya benang cari ujung dan pangkalnya, kusutnya rambut ambil minyak dan sisir kusutnya sarang burung, api yang menyelesaikannya
  • kalau kita benci sama tikus jangan dibakar seisi rumah
  • Perjuangan perlu pengorbanan, tapi kata berkorban bukan untuk menjadi korban apalagi saling mengorbankan
  • Layang-layang bisa terbang tinggi keangkasa karena berani menentang arus dan punya benang yang kuat yang tidak mudah putus
  • Dalam melakukan tindakan harus diperhatikan apakah tindakan itu, menyelesaikan masalah, menambah masalah atau lari dari masalah
  • Kasihan adalah perasaan seseorang yang ingin berbuat baik, tapi tidak punya kemampuan untuk berbuat
  • Karena kebencian cara memegang sendok saja bisa jadi masalah, tapi karena cinta orang di lempar piring pun masih bisa tertawa.
  • Dalam pukulan ke 100 pecah, bukan berarti pukulan tersebut hebat, tetapi karena adanya saham dari pukulan ke 1 sampai 99 ( wasilah)
  • Dunia ini panggung sandiwara ceritanya mudah berubah
  • Banyak orang yang ingin masuk syurga tetapi tidak mau melewati proses mati
  • terkadang tragedi membawa kebaikan dan kesadaran baru bagi penderitanya, untuk kemudian menjalani kehidupan yang lebih baik